Kamis, 19 Januari 2012

ANAK KOST

Disaat lo memutuskan buat menuntut ilmu di Jogja, ada satu hal penting yang harus lo pikirin selain lo akan kuliah dimana, dan hal itu adalah tempat tinggal.. Iya, tempat tinggal.. Ga lucu kan kalo lo dah tau mau kuliah dimana tapi lo ga tau bakal tinggal di mana selama lo hidup di Jogja?? Hotel?? boleh-boleh aja selama lo mampu buat bayar sewa kamar hotel, karena kuliah itu ga cuma satu atau dua minggu, normalnya bisa tiga sampai empat tahun atau bahkan bisa lebih..
Pilihan tempat tinggal yang menurut gw paling bijak adalah kos.. Jadi bagi kalian yang belom tau kos itu apa, gw bakal jelasin sedikit.. Kos atau biasa disebut dengan Kos-kosan, adalah sebutan dari kumpulan beberapa kamar yang terletak dalam satu lingkungan.. bingung?? sama gw juga.. Tapi intinya seperti itu, dalam satu kos emang normalnya terdapat lebih dari lima kamar.. Jadi disaat lo kos, lo jangan berharap dapat ruangan atau tempat seperti dalam satu rumah lengkap, lo hanya akan dapat satu kamar doang.. Tapi disinah seni nya dari nge-kos.. Karena hanya dengan mendapatkan satu kamar, lo harus bisa pinter-pinter mikirin gimana tuh semua barang-barang lo bisa masuk dan tertata rapi dalam kamar lo, mulai dari meja, kasur, tivi, kulkas, rak-rak buku, dan segala macam barang penunjang kehidupan lo selanjutnya.. Kalo lo ga bisa pinter menata semua barang-barang lo, kamar kos lo pasti akan lebih terlihat seperi pasar impres ketimbang sebuah kamar..
Gw sendiri di Jogja nge-kos juga, ya walopun barang-barang gw saling tumpang tindih ga karuan di ukuran kamar 3x3 meter tapi setidaknya kamar gw nyaman buat gw tinggali.. Dan gw sangat betah kalo lagi didalem kamar, apalagi kalo gw lagi tidur, bisa semaleman gw ga kluar kamar sama sekali.. Di kos-kosan gw, ada sekitar 20 kamar dan hampir setiap penghuni kamar-kamar itu gw kenal semua, ini juga salah satu kelebihan gw nge- kos.. Gw jadi punya banyak temen dari berbagai daerah dengan watak dan sifat masing-masing.. Dari mereka gw jadi bisa dan tau banyak budaya-budaya yang selama ini gw ga tau, dari mereka juga gw bisa mengenali sifat-sifat orang yang selama ini belom gw kenali, dan dengan gw kenal mereka juga gw ga takut terancam kelaparan disaat duit sedang ga ada..
Kebetulan gw mendapat temen kos yang enak, yang kompak dan yang peduli satu sama lain.. dari mereka gw banyak belajar tentang hidup, tentang bagaimana harus bisa mandiri disaat jauh dari orang tua, tentang bagaimana harus bisa pinter-pinter bertahan hidup di Jogja agar gak salah arah, dan yang paling penting adalah belajar untuk bisa tersenyum kembali setelah ditolak ama cewek.. itu yang paling penting, mereka bukan hanya ada saat seneng doang, tapi saat sedih pun mereka selalu ada, dan gw juga selalu berusaha ada buat mereka jika mereka membutuhkan gw sewaktu-waktu.. Kita disini bukannya saling memanfaatkan, tapi kita lebih ke saling mengerti satu sama lain..
Selain beberapa alasan yang gw bilang tadi, gw milih buat kos karena gw pikir kos itu simple.. Karena di kos gw, dalam sebulan gw hanya bayar sekali, itu dah termasuk bayar kos, bayar listrik, bayar air dan biaya-biaya lainnya, dan semua anak kos disini bayarnya sama semua.. Jadi misalnya gw mo mandi sehari sepuluh kali dengan temen gw yang mandinya seminggu sekali, kta bayarnya sama.. Atau misalnya temen gw yang dikamarnya ada tivi, kipas angin, komputer, dispenser dengan kamar gw yang isinya cuma radio doang, kita bayarnya sama.. itulah enaknya kos gw, dan irtu alesan kenapa juga gw betahdi kos ini dan ga ada kepikiran buat pindah..
Kos gw terletak ditengah kota, hanya beberapa meter dari jalan raya, tapi kos gw letaknya di perkampungan.. Jadi disaat gw didalem lingkungan kos, suasanya sepi, tapi kalo gw sedang pengen suasana yang rame, gw tinggal jalan kaki sebentar dan gw akan mendapatkan keramaian disana.. Lingkungan tempat kos gw berada adalah lingkungan kampung, yang masih ada beberapa penduduk jogja asli yang dulu lahir dan hidup di kampung ini.. Lingkungan disini sangat nyaman menurut gw, dimana gw masih melihat adat istiadat yang dijalani oleh mereka sehari-hari, saling menyapa antar tetangga misalnya, hal yang jarang gw temui lagi di kota besar seperti Jogja ini..
Lingkungan sekitar kos dan temen-temen kos menurut gw sedikit banyak mempengaruhi hidup gw, jadi setiap gw akan kos disuatu tempat, sebisa mungkin gw lihat dulu bagaimana lingkungan sekitar dan penghuni kos nya.. Ini saran juga bagi kalian yang akan ngekos, karena menurut gw baik buruknya kehidupan lo, pinter ato enggaknya kuliah lo sedikit banyak dipengaruhi lingkungan dimana lo tinggal.. Jadi pinter-pinter melihat dan membaca lingkungan ketika lo akan memutuskan untuk kos atau tinggal disuatu tempat..

1 komentar: